Uraian
pemanfaatan system informasi Akademik yang terdapat di STMIK WIT
No
|
User
|
Kegunaan
|
1.
|
Mahasiswa
|
Memberikan informasi tentang kepentingan
akademik misalnya saja: Data mahasiswa, KRS, KHS, Data MK, Data Dosen, Data
Nilai
|
Dapat mengkoreksi apakah data yang telah
mereka isi sama dengan data yang mereka terima karena bisa saja terjadi
kesalahan pemasukan data. Jika terjadi kesalahan data mahasiswa, maka
mahasiswa dapat memperbaikinya dengan cara menginformasikannya ke fakultas
dan fakultas yang akan mengurusnya ke lembaga.
|
||
Kemudahan bagi mahasiswa untuk memperoleh
informasi tanpa harus melakukan interaksi langsung dengan bagian administrasi
karena informasi tersebut dapat diperoleh dengan melakukan pencarian data
melalui komputer yang terkoneksi secara internet.
|
||
Memberikan informasi tentang
Masukan KRS didapat dari pilihan mahasiswa untuk mata kuliah yang akan
diambil dan dengan ketentuan yang berlaku. Masukan KRS ini memiliki keluaran
absen mahasiswa per setiap mata kuliahnya
|
||
Memeberikan informasi tentang
masukan daftar nilai mahasiswa didapat dari setiap jurusan di lingkungan
Universitas. Mahasiswa wajib mengisi KRS, karena itu merupakan salah satu
syarat agar KHS dapat keluar
|
||
2.
|
Dosen
|
Kemudahan bagi pengajar untuk melakukan
kegiatan belajar mengajar dimana pada komponen Front End Web dan komponen
Back End Web dapat membantu para pengajar untuk menyampaikan informasi secara
on-line dan menerima informasi secara on-line dari mahasiswa
|
Kemudahan bagi bagian administrasi
dikarenakan berkurangnya interaksi secara langsung dan lebih dilakukan
interaksi terhadap data-data yang diinputkan oleh mahasiswa yang merupakan
kebutuhan untuk proses pengolahan data
|
||
Dengan memanfaatkan teknologi komputer,
didapat manfaat berupa kemudahan menyimpan, mengorganisasi dan melakukan
pengambilan terhadap berbagai data
|
||
Penyimpanan data yang terstruktur
dikarenakan Sistem Informasi Akademik menggunakan database yang tersimpan
didalam komputer
|
||
3.
|
Biro Keuangan
|
Pengolahan data keuangan yang lebih efektif
dengan menggunakan aplikasi yang dapat mendukung proses keuangan dan proses
kepegawaian
|
Melakukan kegiatan proses administrasi
mahasiswa dalam melakukan kegiatan administrasi akademik
|
||
Melakukan proses pada transaksi
belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa, melakukan proses administrasi
akademi baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan biaya yang muncul pada
kegiatan registrasi ataupun kegiatan operasional harian administrasi akademik.
|
||
di dapat data-data transaksi berupa, data
absensi, data mata kuliah, data transkrip nilai, data jadwal ujian, data
biaya pembayaran ( status pembayaran mahasiswa ), data dosen beserta atribut
data gaji yang merupakan bagian dari sistem keuangan yang diterapkan pada
sisi keuangan.
|
||
Dengan adanya suatu sistem pengolahan data
antara user yang merupakan mahasiswa dan pengolahan yang merupakan bagian
dari sistem akademik yang menerima inputan dari mahasiswa dan mengolahnya
untuk melakukan kegiatan transaksi kegiatan perkuliahan dan kegiatan
administrasi antara mahasiswa dan perguruan tinggi tersebut
|
||
4.
|
Biro Akademik
|
Updating informasi antara bagian
administrasi akademik maupun dengan bagian keuangan yang merupakan validasi
untuk status mahasiswa sehingga dapat melakukan kegiatan belajar mengajar ,
dimana terjadi interaksi data secara langsung tanpa memerlukan update data
secara manual. Update data dari Sistem Keuangan dan Sistem Akademik merupakan
proses penting dimana proses ini mengupdate status mahasiswa dalam interval
waktu tertentu .
|
Dapat membangun sistem informasi manajemen
yang handal dan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan
secara keseluruhan
|
||
Sebuah sistem yang dirancang untuk memenuhi
kebutuhan Akademik yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi
untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM
yang dihasilkannya.
|
||
Sistem Informasi Akademik sangat membantu
dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar
(dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual
|
JENIS-JENIS METODE PENELITIAN
1. METODE SEJARAH
Dalam metode ini menggunakan data didasarkan pada dokumen - dokumen
yang digunakan. Metode sejarah menggunakan catatan observasi atau pengamatan
orang lain yang tidak dapat diulang-ulang kembali.
Judul penelitian :
PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KEPALA
BERNOMOR TERSTRUKTUR DALAM UPAYA MENUMBUHKAN AKTIVITAS KERJA SAMA SISWA
Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X B SMA Negeri 2 Bandung
2. METODE DESKRIPTIF
Suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek ,
suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran
ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang. tujuannya adalah untuk membuat deskriptif
secara sistematis
judul penelitian : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR IPS MATERI
GLOBALISASI MELALUI PEMBERIAN KUIS PADA AWAL PEMBELAJARAN KEGIATAN SISWA
3. METODE EKSPERIMENTAL
Merupakan metode penelitian yang sering digunakan dalam penelitian
eksakta
judul penelitian :
Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentatif Menggunakan Model Kata Kunci
(Concept Sentenses) (Studi / Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMAN
Cisaga
Sumber : http://zikriimam.wordpress.com/
Komentar
Posting Komentar